Senin, 09 Desember 2013

KMO (Kelas Menulis Online)



Perkenalan pertama dengan KMO (kelas menulis online) Membuat Buku Resep Masakan, melalui komunitas IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis), saya memulainya dengan semangat penuh, walaupun mungkin nantinya akan ada beberapa kendala yang saya takutkan, yaitu koneksi internet yang lemot dan mahal bagi kantong saya, dan kemungkinan berbenturannya waktu saya di KMO nantinya dengan kesibukan rutin saya sehari hari, jadi ibu bagi ke-5 anak anak saya yang masih SD dan TK, jadi guru di sebuah SMP, dan merangkap juga menjadi manager keuangan, manager sdm, koki, security dan tukang cuci di rumah, maklum namanya ibu ibu punya tugas rangkap yang bejibun banyaknya.


Apalagi di bulan Desember ini, akan dilaksanakan ulangan semester 1, jadi sudah bisa dipastikan kesibukan akan bertambah mulai dari membuat soal untuk siswa/i di sekolah, memeriksa dan menilai kertas ulangan mereka juga mengisi rapor semester 1.  Belum lagi kegiatan dirumah, yang juga akan bertambah dengan tugas mengawasi dan menemani anak anak belajar di rumah untuk menghadapi ulangan. Tapi walaupun seribu kesibukan menghadang saya tetapkan hati untuk terus maju, apalagi alhamdulillah akhirnya tunjangan sertifikasi guru cair, sehingga ada infusan dana untuk mendaftar di KMO dan membeli pulsa untuk modem, he he he, jadi ingat kata kata  Mama yang dulu sering diucapkan ke saya untuk jadi penyemangat dalam menghadapi hidup,  dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan, man jadda wa jadda, siapa yang bersungguh sungguh pasti akan mendapat yang diinginkannya. 

Walaupun ada seribu tugas, saya akan terus belajar dan mengejar mimpi saya menjadi penulis, saya yakin pasti banyak sekali ibu ibu yang lain juga begitu, jadi saya tidak sendiri di dunia ini, apalagi ada teh Indari yang setiap saya baca profilnya juga tulisan tulisannya di blog maupun di fb, selalu terlihat bersemangat dan tidak pernah kehilangan mood, saya jadi malu kalau menjadikan kesibukan saya yang sedikit ini menjadi penghalang dan menjadi alasan bagi saya untuk mundur, no way!!! saya akan berusaha  untuk terus mengejar cita cita dan meneruskan hobby menulis saya.

Oh ya teh Indari, ada satu pertanyaan yang sering muncul di benak saya buat teteh, Apa sih teh rahasianya, kok saya belum pernah baca teteh capek, ngak mood, lagi bete, dll situasi yang menunjukkan teteh lagi down. walaupun saya belum kenal teteh secara langsung tapi bagi saya teteh itu bak kelinci di iklan energizer, energinya ndak habis habis. he he he, tularkan dong teh ke daku..begitu juga ibu ibu hebat lain di IIDN, contohnya mbak Nunu el fasya, kalimat kalimatnya sering buat saya senyum sendiri dan tergelitik, gimana ya supaya bisa begitu? Karena saya kurang bisa bercanda dan terlalu serius.

Hari pertama di KMO akhirnya tiba, hari selasa 3 Desember 2013, kelas akan dimulai pukul 19.00 wib, dari pagi saya udah dag dig dug, mengingat ingat kelas yang akan dimulai malam ini, takut kelupaan dan takut ada halangan yang tak terduga. Apalagi dari pagi lampu sudah mati dan belum hidup juga sampai maghrib tiba, untung tadi di sekolah saya sudah ngecas baterai notebook, pulsa modem juga sudah terisi dan dari pukul 18.20 saya udah nongkrong di Fb, akhirnya, penantian saya tidak sia sia, kelas dimulai dengan dipandu oleh mbak Devy Nadya , dan satu persatu siswi siswi di KMO nongol, sambil saling sapa untuk berkenalan. Mbak guru Noni mulai mengajar dengan materi "Bagaimana menulis buku resep agar dilirik penerbit", kelas berlangsung dengan hebohnya, semua siswi antusias walaupun ada yang  nyambi ngasuh anak. Kelas pada malam itu ditutup dengan PR dari ibu kepala sekolah dan penutup dari mbak Devy, selamat mengerjakan PR.

Hari ini sabtu, 7 Desember 2013 jadwal pengumpulan PR,  tapi PR saya belum selesai, baru seadanya, dengan modal nekad akhirnya PR dikirim juga lewat email, dan ternyata saya membuat kesalahan dalam mengirim PR,  hari ini saya mendapat pelajaran baru dari teh Indari, bahwa kalau mengirim PR jangan diketik di badan email tapi dlm bentuk file he he he, baru tau mbak, terimakasih atas koreksinya, jadi nambah ilmu lagi hari ini, (secara belajar komputer dan internet otodidak, nekad  berguru dengan mbah Google dan lewat coba coba. he he he). Dan tadi di sekolah iseng iseng saya tanya ke guru komputer di sekolah, mengapa kalau mengirim data yang panjang lewat email sebaiknya dengan file? Kata teman saya tersebut,  biar enak dan mudah membacanya.

Malam ini senin tanggal 9 Desember 2013, ibu kepala sekolah mengajak diskusi di KMO membahas PR yang sudah masuk, dan malam ini saya mendapat banyak pelajaran, semoga PRnya bisa saya revisi, Penerbit tunggu aku yaaaaaa (sudah mulai ngantuk, sekian dulu postingan malam ini) wassalam...

Tidak ada komentar: